Antara Susu Kambing dan Susu Sapi

loading...
Minuman jenis susu merupakan minuman yang dianjurkan oleh para ahli gizi sejak kita baru lahir (ASI) sampai akhir hayat dianjurkan untuk meminumnya.

Berbeda dengan ASI yang hanya dianjurkan maksimal sampai umur 2 tahun saja, untuk jenis susu sapi merupakan susu paling populer.

Sebutlah mulai dari Bentuk Cair, Sachet, Bubuk, maupun yang siap minum dalam kemasan kalengan akan sangat mudah ditemui disekitar kita.

Susu sapi memanglah lebih populer dibandingkan dengan susu kambing. Sekitar 66% yang beredar dan dikonsumsi didunia adalah Susu Sapi.

Tetapi, tahukah anda kalau manfaat susu kambing juga tidak kalah dari susu lainnya.

susu-kambing-sapi

Kenyataannya susu dari perahan kambing lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh, karena susu jenis ini memiliki gelembung-gelembung lemak yang mudah memisahkan diri dan lebih kecil daripada susu sapi.

Sebagaimana dilansir dari Magforwoman, susu kambing memiliki sifat probiotik yang bisa membantu sistem pencernaan dengan baik.

Asam lemak yang ada dalam susu kambing lebih tinggi 36 persen daripada susu sapi yang hanya mengandung 18 persen asam lemak.
Susu kambing mengandung nutrisi yang lebih sehat, bahkan untuk orang yang alergi dengan laktosa. Susu ini lebih baik diminum mentah alias tidak perlu dimasak-pun juga baik.

Manfaat lain dari susu kambing adalah membantu mengatasi masalah usus dan menekan tingkat kolesterol.
Susu kambing juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Tidak seperti susu sapi, susu kambing tidak memiliki protein kompleks sehingga tidak menyebabkan alergi.

Selain itu, susu ini juga baik untuk anak-anak karena mampu menenangkan saluran pencernaan dan memberikan rasa kenyang.

susu sapi juga terkadang dapat menimbulkan alergi dan efek pernapasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi susu kambing. untuk jenis susu sapi yang disarankan lebih baik yang murni saja, tanpa ada tambahan zat lain seperti glukosa. Contoh Susu Sapi tersebut seperti Susu Bear Brand

Tumpukan lendir dalam tubuh bisa disebabkan kandungan lemak tinggi dalam susu sapi. Sementara itu, gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing dapat mencegah terjadinya masalah pada usus.

kambing-sapi-susu-terbaik
 image source Foodbeast
 Dan berdasar riwayat Hadist, Rasul Muhammad juga lebih sering meminum susu dari binatang kambing daripada binatang sapi.
bukan berarti beliau melarang minum dari sapi, melainkan anjuran sang Nabi untuk lebih banyak minum susu dari kambing

Dan, yang menarik pula negara pusat yahudi yang dikenal memiliki banyak orang jenius justru malah paling sedikit dalam tingkat prosentase meminum susu sapi tidak lebih dari 1 persen.

Mereka malah paling sering mengkonsumsi dari kambing seperti ajaran Rasul terdahulu

Kalau kamu, lebih sering minum yang mana??
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+