Inilah Tempat Di Bumi Paling Ekstrim

Planet Bumi digambarkan berwarna biru dengan alam isinya yang menakjubkan, pantas saja jika Tuhan memilih tempat ini sebagai persinggahan umat manusia sebagai khalifahnya.

Nah tahukah anda kalau ternyata di Bumi ini ada beberapa lokasi ekstrim, dari yang bersuhu panas, dingin, terbasah sampai terkering dan lainnya.

Apa sajakah itu, inilah tempat ekstrim di bumi

Daerah Terpanas
Death Valley

daerah terpanas Death Valley

Suhu di daerah Death Valley National Park yang masuk di negara bagian California Amerika Serikat mencatat rekor suhu tertinggi pada tanggal 10 Juli 1913 yaitu 56,68 derajat Celsius.

Tidak mengherankan jika nama daerah ini jika diterjemahkan berarti lembah kematian.

Tempat Terdingin
Antartika


Antartika

Sebuah benua yang berlokasi di kutub selatan masih menjadi tempat terdingi di bumi.


 Di bagian kawasan gunung es-nya suhu rata-rata adalah minus 93 derajat celcius, namun belakangan ini dilaporkan oleh Ilmuwan Amerika bahwa disana terjadi peningkatan zat CO2 dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Kemungkinan karena pengaruh efek rumah kaca yang dihasilkan benua disekitarnya.

Tempat Terdalam
 


Challenger Deep 

Tempat terdalam di planet bumi adalah Challenger Deep di kawasan Palung Mariana Samudra Pasific dekat dengan Guam dengan kedalaman sekitar 11 kilometer. 

Palung adalah jurang yang berada di dalam lautan. Sampai saat ini hanya sedikit orang yang pernah mencapai titik terdalam ini, salah satunya sutradara film Titanic bernama James Cameron di tahun 2012 dengan menggunakan kapal selam khusus.

Tertinggi 


Gunung Everest 

Tempat tertinggi dipegang oleh Gunung Everest, terletak di pegunungan Himalaya bagian negara Nepal dengan ketinggian 8848 meter. 
Rekor pencapaian puncak pertama kali di tahun 1953 oleh Edmund Hillary yang berasal dari New Zealand dan Tensin Norgay dari India

Daerah Terbasah 


Meghalaya 

Jika di Indonesia dikenal kota hujan bernama bogor, maka dunia mengenal satu tempat yang dinobatkan sebagai lokasi terbasah dibumi. 

Dikatakan terbasah karena hampir setiap hari bisa dikatakan ada hujan disana yaitu Negara bagian Meghalaya di sebelah timur laut India dekat dengan perbatasan Bangladesh, merupakan tempat dengan curah hujan tertinggi sedunia. 

Desa Mawsynram tercatat curah hujan rata-ratanya 1.86 meter pertahun. Sebagai perbandingan, kota London yang juga dijuluki kota paling basah, hanya mencatat curah hujan rata-rata 65 centimeter per tahunnya.

Terkering 


Gurun Atacama 

Gurun Atacama di negara Chile tercatat sebagai kawasan paling kering di dunia. Dalam sejarah kehidupan manusia serta pencatatan meteorologi, belum ada seorangpun yang melaporkan adanya hujan di gurun tersebut.

Terpadat 



Shanghai 

Kota dengan penduduk Sekitar 24.25 juta jumlah total populasi warga di kota metropolitan Shanghai di negara Cina. Sebagai pembanding, jumlah warga Jakarta adalah sekitar 11 juta warga

Itulah beberapa lokasi luar biasa yang ada di bumi, sudahkah kamu mengunjungi salah satunya??


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+