Fakta Menarik Kebudayaan Mesir Kuno

loading...
Selama hampir 3000 tahun lamanya, budaya mesir kuno dianggap paling maju dizaman itu, mulai dari karya seni, arsitektur sampai metode pengawetan mayat mumifikasi. Namun masih banyak lagi hal menarik lainnya tentang Mesir Kuno ini,

1. Kebanyakan Firaun Gemuk

firaun

Banyak karya seni, film maupun dokumenter yang menggambarkan sosok raja mesir kuno ini berfisik langsing. Kenyataannya kebanyakan malah bertubuh gemuk. Kebiasaan masyarakat mesir saat itu yang suka meminum bir, mengonsumsi anggur, roti dan juga madu yangmana berkadar gula tinggi secara langsung berpengaruh apda tubuh mereka. Hasil pemeriksaan mumi mereka menunjukkan bagawa mereka tidak sehat, gemuk dan terkena diabetes.

2.Cleopatra bukan asli Mesir

Ratu Cleopatra

Sosok pemimpin wanita terkenal dari mesirr ini ternyata bukan asli berdarah mesir, melainkan keturunan dari darah Yunani melalui silsilah Dinasti Ptolemaik. Dinasti ini menguasai mesir sekitar hampir 300 tahun lamanya.

3. Piramida Bukan Dibangun Oleh Budak

piramida

Dalam film digambarkan pembuatan piramida oleh para budak, ternyata bukan melainkan dibangun oleh buruh bayaran dan para pekerja pemahat biasa.

4. Pria Pakai Kosmetik

kosmetik pria

Tidak hanya kaum wanita saja yang memakai kosmetik, dizaman mesir kunoo ternyata para kaum lelaki juga menggunakan kosmetik. Karena dalam kepercayaan mereka memakai kosmetik dapat perlindungan dari Dewa Horus dan Dewa Ra (Matahari)

Itulah beberapa fakta menarik tentang kebudayaan mesir kuno, masih banyak lagi misteri dari mereka yang perlu dipecahkan keberadaan dan rahasianya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+