Tujuh Pasar Setan Terkenal di Indonesia

Mendaki gunung sudah menjadi hobi paling banyak diminati para remaja akhir-akhir ini.
Popularitasnya menanjak semenjak kemunculan film bioskop 5cm.
Sampai saat ini admin gak tahu deh apa maksud dari lima cm itu. Mungkin 5cm itunya..

Nah, buat yang belum pernah atau mungkin juga akan melakukan pendakian di gunung indonesia, mau gak mau kamu harus tahu ini tentang keberadaan pasar ghaib, yangmana lebih dikenal masyarakat kita dengan sebutan Pasar Setan.

pasar setan
pasar setan (ilustrasi)

Dihampir tiap lokasi pendakian pastilah selalu menyimpan misteri, oleh sebab itulah dimanapun kamu berada mesti menjaga etika sopan santun. apalagi kalau sudah berkaitan dengan hal ghaib kasat mata. Berikut ini tujuh lokasi pasar setan terkenal di Indonesia

1. Pasar Setan Gunung Merbabu

Pasar Setan Gunung Merbabu

Pasar setan yang ada di Gunung Merbabu terletak dilokasi sebelum puncak Kentheng Songo.
Memang tempatnya luas dan datar, namun di bagian sebelah utara dan selatannya terdapat jurang yang dalam.

Lokasi ini begitu dikenal. Jalan yang terjal dan medan yang cukup rumit tak menjadi penghalang sejumlah pendaki untuk mengunjungi daerah ini. Biasanya sebelum mencapai lokasi ini pendaki akan singgah ke Kenthen Songo.

2. Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar Bubrah Gunung Merapi

Masyarakat yang tinggal disekitar gunung masih percaya akan adanya mahkluk halus yang tinggal di hutan-hutan, mata air, batu besar, pohon besar, kawah, dan juga puncak gunung.
Penduduk sekitar gunung Merapi yakin kalau puncak Merapi adalah istana mahluk halus.

Bahkan konon, Panembahan Senopati sang pendiri Kerajaan Mataram berhasil mengalahkan Kerajaan Pajang karena dibantu oleh penguasa Gunung Merapi. Lokasi yang dianggap paling angker adalah kawah merapi yang merupakan istana para setan.

Di dekat pos IV Gunung Merapi, terdapat pasar setan yang sangat terkenal yaitu Pasar Bubrah. Karena terletak di bibir kawah, aroma belerang yang keluar tercium juga sangat kuat.

3. Pasar Setan Gunung Argopuro

Pasar Setan Gunung Argopuro

Gunung Argopuro juga memiliki kawasan Pasar Setan. Julukan ini yang diberikan oleh penduduk setempat memang pantas dan layak, karena pada siang hari terdengar suara berisik layaknya sebuah pasar.
Tepatnya di antara Cikasur menuju Cisentor dan Rawa Embek, sebuah tempat mendekati puncak Rengganis. Anehnya kalau didekati suara pasar itu akan menghilang.

4. Pasar Setan Gunung Sumbing

Pasar Setan Gunung Sumbing

Pasar Setan di Gunung Sumbing berada diatas bukit sekitar 2 jam perjalanan melewati tanjakan terjal sebelum pos Pasar Watu dan dikenal dengan nama Peken Setan.
Kawasan pestan ini banyak di tumbuhi rerumputan dan jarang sekali terdapat pepohonan yang tinggi. Sehingga  seringkali terjadi badai dan disarankan tidak mendirikan tenda diarea ini.

5. Pasar Setan Gunung Lompo Battang Bawakaraeng

Pasar Setan Gunung Lompo Battang Bawakaraeng

Di Sulawesi Selatan, tepatnya di hutan gunung Lompobattang dan Gunung Bawakaraeng terdapat juga misteri pasar setan, masyarakat sekitar menyebutnya Pasar Anjaya. Jika melakukan camping di daerah ini, kamu akan mendengar suara keramaian layaknya pasar.

Pasar setan atau biasa dikenal masyarakat setempat dengan nama Pasar Anjaya sudah terkenal dikalangan para pendaki. Sebenarnya itu adalah suatu kawasan hutan yang luas dan punya panorama indah. Tapi mitos yang beredar, jadi bumbu tersendiri untuk pendakian Anda ke sana.

6. Pasar Setan Gunung Lawu

 Pasar Setan Gunung Lawu

Pasar setan diyakini berada di lereng Gunung Lawu. Tepatnya berada di dekat pos lima yang biasa ditempuh pendaki melalui jalur Cemoro Kandang.
Rute ini dipercaya sebagai jalur perlintasan ke alam gaib oleh para pendaki yang ingin melakukan suatu ritual.
Bahkan di Gunung Lawu para pendaki terkadang terlibat dalam kegiatan jual beli di pasar setan ini. Jika mendaki melewati jalur Cemoro Kandang, maka kita akan bertemu daerah pasar setan.

 Kalau kamu mendengar suara, “bade tumbas nopo dek?” (mau beli apa dik?), maka kamu wajib membuang apapun yang ada di sekitar kita misalnya daun atau batu sebagai tanda jual beli.

7. Pasar Setan di Gunung Arjuna

Pasar Setan di Gunung Arjuna

Di sekitar ketinggian 2600 mdpl ada sebuah sabana yang terhampar luas penuh dengan rerumputan.
Menurut penuturan beberapa pendaki, jika terdengar suara berisik seperti pasar saat malam menjelang dini hari maka itu pertanda keberadaan pasar setan.

Bahkan ada juga peristiwa meninggalnya seseorang beberapa hari setelah melakukan pendakian ke gunung Arjuna juga dihubung-hubungkan dengan pasar setan.
Saat berada di gunung Arjuna ia sempat bercerita kepada temannya jika ia melihat ada pasar dan membeli sebuah jaket disana.

Lokasi Keberadaan Pasar Setan

Rute sebuah jalur pendakian di suatu gunung biasanya dipilih berupa medan yang mudah dengan jalur yang tidak terlalu curam.

Dalam hal seperti ini kadang ada satu jalur yang akan melewati punggung suatu bukit dengan kondisi yang agak datar. Daerah seperti ini biasanya akan dilewati pendaki sekaligus terkadang dipilih untuk tempat peristirahatan sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Daerah punggung bukit itulah yang secara alami umumnya menjadi lokasi keberadaan pasar setan. Punggung bukit ini yang sering berupa bentangan menyerupai lapangan yang relatif datar.

Dengan demikian lokasi seperti ini cocok juga untuk dijadikan tempat mendirikan kemah dengan menggunakan perlindungan dari semak-semak atau batu besar supaya terhindari dari angin kencang yang bertiup.

Terlepas dari benar atau tidaknya pasar setan, namun keberadaan makhluk ghaib memang benar adanya. Tentu akan lebih baik jika kamu menjaga sopan santun saat mendaki sebuah gunung, termasuk juga tidak merusak lingkungan dan membuang sampah sembarangan adalah wujud sikap membumi, yang menjaga kita dari amukan alam atau kekuatan-kekuatan di luar kemampuan manusia.

Foto :
yuliaslovic
jejaksibolang
versesofuniverse
dheni-yulistianto

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+