Kisah Menarik Dibalik Sejarah Teh

Dikisahkan sekitar tahun 2737 sebelum Masehi, di negeri Tirai Bambu China sana hiduplah seorang Kaisar bernama Shen Nung.

Selain sebagai seorang Kaisar kerajaan, ia juga dikenal sebagai seorang Penyembuh Tradisional.

Awal mula penemuan teh oleh sang kaisar berawal dari sebuah kejadian yang tidak disengaja, yakni ketika sang Punggawa kerajaan sedang memasak air menggunakan gentong kuno di pelataran kebun sang Kaisar,
ada beberapa helai daun teh yang berguguran dan jatuh tepat diatas air yang sedang dimasak.

 Dan secara kebetulan pula pada saat itu sang Kaisar Shen Nung sedang berkeliling area kerajaan.

Aroma dari rebusan teh secara tak sengaja pula tercium oleh sang kaisar, dikarenakan penasaran maka ia-pun mencoba rasa "air ajaib" yang ditemukan secara tak sengaja itu.

sejarah teh
baca juga : Fakta Menarik Teh

"Hai pengawal, ramuan air apakah ini?
"Ampun ndoro, ini gak sengaja ada daun pohon ini jatuh diatas air yang sedang saya masak ini,
"Hmm, kok aromanya begini, perlu diteliliti lagi nih.

Sejak kejadian itu minuman yang berasal dari rebusan daun teh tersebut disukai oleh Sang Kaisar Shen Nung karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar, minuman teh dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.
Sejak saat itu, Kaisar Shen Nung seringkali meminum teh dan sejak itu pula daun teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina.

Penyebaran Teh ke Dunia Luar 

Pada masa Dinasti Han, daun teh mulai dikenalkan dan dipasarkan ke dunia luar melalui jalur sutera (jalur darat) dan baru pada tahun 1669 oleh East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Inggris yang dibentuk oleh Ratu Elizabeth I, mulai mendapatkan hak lisensi untuk memonopoli perdagangan teh melalui jalur yang lebih cepat, yakni melewati jalur laut.
Sejak itu pula Teh mulai dikenal di belahan dunia di luar China termasuk juga di Indonesia.

Banyak pula yang membudidayakan-nya dengan cara menanam secara banyak dengan sistem perkebunan dan sampai dengan saat ini ada banyak sekali racikan dan juga banyak manfaat yang dipercaya saat mengonsumsi minuman teh.

Kalau kamu apakah seorang TeaHolic?
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+