Fungsi Tonjolan Pada Keyboard Qwerty

Bagi yang memiliki perangkat PC, Laptop maupun Ponsel dengan keyboard berbentuk QWERTY, silahkan dilihat pada bagian huruf  "F" dan "J" yang ada di PC atau Laptop dan juga angka "5" pada Keypad Ponsel

Keyboard Komputer

Ada yang berbeda??

Ya, ada bagian berbentuk setrip dan juga berbentuk bintil pada bagian huruf tersebut, itu bukanlah sebuah kesalahan produksi dari Pabriknya.

Keyboard Handphone
“Setrip/Bintil” ini disebut sebagai indikator home row,
 “bintil dan setrip” tersebut merupakan penanda taktil yang digunakan bagi penyandang tunanetra untuk mengetik di keypad ponsel atau keyboard. 

Menurut Telecommunication Act, semua perusahaan telekomunikasi yang memproduksi wajib membuat telepon, termasuk ponsel, yang dapat digunakan oleh penyandang difabel, termasuk tunanetra.
Frank Edward McGurrin, merupakan orang yang menemukan metode “meraba” keyboard komputer pada tahun 1888.

 Sebagai pengajar di kelas mengetik, McGurrin menganggap “bintil” pada tombol “F” dan “J” dapat menjadi penanda untuk memperkirakan letak tombol di sekitarnya.

Pada telepon seluler, tombol angka “5” dipilih dengan alasan serupa.

 Diletakkan di bagian tengah keypad, para pengguna ponsel, baik tunanetra maupun mereka yang ingin mengetik tanpa melihat, dapat memanfaatkan “bintil” tersebut untuk melacak tombol-tombol di sekitarnya.

Walaupun kehadiran “bintil” ini bagi sebagian orang sedikit dianggap mengganggu, namun bagi mereka yang membutuhkan, ternyata sangat membantu.  

Nah sekarang kamu jadi tahu kan alasannya kenapa tiga tombol/huruf yang ada di keyboard bentuk QWERTY itu ada yang unik,.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+